oleh

Cara Mengatasi Gboard Telah Berhenti. Untuk Semua Tipe Android

Britahu.info — Anda sedang mencari solusi cara mengatasi gboard telah berhenti? Tak sedikit para pengguna Android yang mengeluhkan masalah tersebut karena tiba-tiba gboard sebagai fitur keyboard dari Google terhenti.

Masalah tersebut bahkan tidak hanya dialami oleh Anda sendiri, banyak pengguna Android dari berbagai tipe termasuk Xiaomi pun mendapatkan masalah yang sama.

Untuk itu, disini kami telah merangkum beberapa cara mengatasi gboard telah berhenti yang bisa Anda coba. Yuk simak!

1. Mulai Ulang Android

Langkah yang pertama, coba Anda mulai ulang Android Anda terlebih dahulu.

Karena dalam banyak kasus, cara ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah gboard yang tiba-tiba terhenti.

Caranya cukup dengan klik tombol daya dan pilih reboot untuk memulai ulang ponsel Android Anda atau sesuaikan dengan cara reboot ponsel Android Anda masing-masing.

2. Membersihkan Cache

Langkah yang kedua cara mengatasi gboard telah berhenti yaitu dengan membersihkan cache.

Cache memungkinkan aplikasi Anda untuk merespons dan bekerja lebih cepat dengan menyimpan data dan program yang sering digunakannya di mesin lokal.

Terkadang, pembaruan baru diluncurkan tetapi aplikasi Anda bermasalahan karena masih menggunakan memori cache, mengakibatkan konflik dan aplikasi crash.

Untuk itu coba solusi ini dengan cara:

  1. Buka Pengaturan dan klik Aplikasi
  2. Gulir ke bawah sampai Anda melihat Gboard, lalu Klik itu.
  3. Di dalam aplikasi, pilih Storage untuk mengungkap info data cache.

Seperti yang Anda lihat, memori cache Anda biasanya sudah mencapai puluhan atau bahkan ratusan.

Klik tombol Clear Cache untuk menghapus memori cache. Ini akan memaksa aplikasi untuk mengunduh data baru dan yang diperbarui dari server.

3. Copot Instalasi Pembaruan

Aplikasi sering diperbarui karena berbagai alasan. Fitur baru, perbaikan bug, tambalan, keamanan, dan sebagainya. Terkadang, ini menghasilkan masalah kompatibilitas. Pembaruan baru dapat merusak aplikasi.

Bahkan juga bisa menjadi penyebab gboard yang tiba-tiba berhenti.

Untuk mengatasinya, Anda Buka Pengaturan dan klik Aplikasi. Cari Gboard dan pilih. Klik pada tiga titik vertikal di kanan atas layar Anda untuk membuka opsi Copot pemasangan.

Cara mengatasi gboard telah berhenti ini harus Anda coba untuk semua tipe Android.

4. Lakukan “Paksa Berhenti”

Seperti anak yang keras kepala, Gboard memutuskan untuk tidak mendengarkan Anda. Sudah saatnya Anda menunjukkan kepadanya siapa bosnya.

Hanya menutup aplikasi tidak akan berhasil di sini. Seperti orang tua yang tegas yang tahu apa yang terbaik untuk anak mereka, Anda harus tegas.

Untuk menghentikan paksa aplikasi Gboard, caranya dengan masuk ke Pengaturan >> Aplikasi >> Gboard.

Di sini, Anda akan menemukan tombol Force stop di kanan atas layar Anda. Klik OK untuk konfirmasi.

Masih belum berhasil mengatasi masalah? Tenang, Anda bisa mencoba metode yang berikutnya.

5. Copot Aplikasi

Aplikasi Anda mengalami gangguan juga bisa menjadi penyebab gboard tiba-tiba terhenti. Sehingga Anda bisa coba cara mengatasi gboard telah berhenti ini.

Dibutuhkan lebih banyak sumber daya dari yang diperlukan sehingga ponsel Anda bertindak lambat. Sehingga cobalah untuk mencopot gboard dari ponsel Anda.

Anda tidak dapat menghapus Gboard dari menu pengaturan karena ini adalah aplikasi Google. Google tidak menyukainya ketika Anda mencopot pemasangan barang-barang mereka.

Sehingag caranya dengan masuk Play Store, cari Gboard dan buka. Anda akan melihat opsi Uninstall. Di sebelahnya, Anda akan melihat Buka alih-alih Perbarui.

Sebelum menghapus instalan, coba perbarui Gboard dan lihat apakah itu memperbaiki masalah. Untuk menghapus instalasi, klik Hapus dan konfirmasi.

6. Mengaktifkan Keyboard di Pengaturan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed