oleh

Cek Nama dan Status Bansos di Link dtks.kemensos.go.id dan Cara Klaim Uang Bansos BST Rp300 Ribu Tanpa Rekening

Britahu.info — Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300 ribu dan hingga saat ini masih bisa dicairkan agar memastikan ekonomi masyarakat khususnya menengah ke bawah tetap terjaga.

Namun agar anda tidak kecewa alangkah baiknya, anda terlebih dahulu mengecek  di link dtks.kemensos.go.id untuk memastikan nama dan status penerima.

Rencana penyaluran BST Rp300 ribu akan berakhir Desember 2020, tetapi tidak menutup kemungkinan diperpanjang di awal tahun 2021.

Dan di tahun ini pemerintah pusat Melalui Kemensos RI mengamati 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dan Dari data Kemensos BST Rp 300 ribu sudah disalurkan mencapai 97 persen. Hal ini merupakan prestasi yang sangat baik. Kemensos tetap optimistis penyaluran BST di tahap 9 akan mencapai angka sempurna, 100 persen.

Untuk masyarakat yang termasuk penerima atau KPM perlunya memenuhi persyaratan BST Rp300 ribu dari Kemensos di antaranya:

Pendaftar merupakan masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa.

  • Calon penerima adalah mereka yang kehilangan mata pencaharian di tengah pandemi covid-19.
  • Pendaftar tidak menerima bantuan sosial (Bansos) lain dari pemerintah pusat, seperti PKH, Kartu Sembako, Paket Sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) hingga Kartu Prakerja.
  • Jika pendaftar tidak mendapatkan Bansos dari program lain, tapi belum terdaftar oleh RT/RW, silakan komunikasi dengan aparat desa.
  • Pendaftar yang sudah memenuhi syarat namun tidak memiliki Nomor NIK dan KTP yang bersangkutan tetap mendapat BST Rp300 ribu tanpa membuat KTP. Namun, penerima harus berdomisili di desa tersebut dan akan dicatat alamat lengkapnya
  • Apabila data sudah terdaftar dan valid. Maka, BST Rp300 ribu akan diberikan melalui tunai dan non-tunai. Non-tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima.

Namun demikian untuk mengetahui sudahkah menjadi penerima BST Bansos Rp300 ribu dari Kemensos, maysarakat bisa cek melaui https://dtks.kemensos.go.id.

Namun masalah ada karena tak semua masyarakat/warga memiliki rekening di bank. Jangan khawatir untuk penyaluran Karena Kemensos RI telah bekerja sama dengan PT Pos untuk penyaluran BST Rp300 ribu.

Direktur Utama (Dirut) PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi menjelaskan Pos Indonesia akan menyalurkan dana BST cepat dan tepat sasaran. Pos Indonesia membuka pelayanan diluar Kantor Pos seperti di kantor desa, kelurahan, sekolah, dan lokasi lain yang dekat dengan masyarakat.

“Semuanya dalam rangka mematuhi protokol kesehatan sehingga mengurangi antrean dan kerumunan,” ujar Faizal seperti dikutip dari laman FIxindonesia.com.

Wajib diingat, pastikan juga anda membawa dokumen penting ini yaitu fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotocopy Kartu Keluarga (KK), dan dokumen KTP dan KK asli saat akan melakukan pencairan/pengambilan bantuan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed