Kesal Sidak Sejumlah Lokasi, Wali Kota: Tidak Ada Guna Kami Jadi Wali Kota Jika Tidak Ada Perubahan

  • Bagikan

SIBOLGA — Wali Kota Sibolga H. Jamaluddin Pohan, cek sejumlah kantor dan kawasan pemukiman pada Jumat (19/03/21) pagi. Kayuh sepeda Wali Kota ini terhenti melakukan pengecekan dimulai dari Kantor Kecamatan Sibolga Selatan. 

Kekesalan pun terlihat dari Wali Kota, ketika mendapati dari 14 PNS di Kantor Kecamatan Sibolga Selatan, baru 3 orang yang hadir. Juga dari 14 THL baru 6 yang hadir, sementara waktu sudah menunjukkan pukul 08.15 lewat. Kekesalan Wali Kota pun memuncak, ketika Camat pun belum hadir. Wali Kota juga mengesalkan fasilitas kantor kecamatan yang tidak tertata dan tidak terawat baik.

Berlanjut Wali Kota meninjau kesemrautan lalu lintas di sekitaran Jalan Damai dan persimpangan Jalan Sudirman Kelurahan Aek Parombunan. Kepada Kadis Perhubungan Marojahan Sitorus yang hadir di lokasi, Wali Kota berpesan tegas untuk mengupayakan pengadaan lokasi parkiran becak yang semrawut di persimpangan.

Di lokasi Wali Kota menyampaikan tegas, “Pak Sekda, Pak Kadis Perhubungan, dan semua Pimpinan OPD yang hadir. Gak ada gunanya saya jadi Wali Kota, kalau tidak ada perubahan. Saya libatkan diri saya mengurus masyarakat dengan menjadi Wali Kota, karena saya ingin kota kita ini berubah. Maka saya minta kita serius. Kadis Perhubungan ciptakan rekayasa lalu lintas agar kesemrawutan ini terselesaikan. Juga ciptakan seperti tempat parkir becak disini agar tidak mengganggu lalu lintas. Harus bisa, tidak ada kata tidak bisa untuk tuntasnya persoalan ini.”

Selanjutnya, Wali Kota dan rombongan meninjau pemukiman masyarakat dan aliran sungai di Kelurahan Aek Parombunan. Persoalan sampah terlihat nyata di lokasi ini. Kepedulian masyarakat pun terlihat sangat kurang, sesuka hati membuang sampah. Wali Kota juga berpesan tegas kepada Dinas PKPLH, agar rutin mengangkat sampah dari rumah-rumah warga.

Kepada Kadis PUPR Ramayana Tambunan, ST yang turut hadir, Wali Kota berpesan untuk mengadakan bendungan pasir atas sungai Aek Parombunan. Berkaitan hasil reses Anggota DPRD Hj. Syuryanti. Agar persoalan banjir akibat penumpukan pasir di hilir sungai dapat teratasi.

Sebanyak 3 Sekolah Dasar yang berlokasi di Kelurahan Aek Parombunan pun dikunjungi Wali Kota, adalah SD 084082, SD 084081 dan SD 084083. Kepada para kepala sekolah, Wali Kota berpesan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan dan keindahan lokasi sekolah. Juga memaksimalkan Dana BOS di masa pandemi, untuk perbaikan fasilitas, mengingat APBD Kota Sibolga yang terbatas.

“Jangan barang bekas yang tidak lagi dipakai disimpan di kelas. Meja, kursi, buku dan lain-lain, jadi terlihat kotor. Tingkatkan kepedulian kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah. Anak-anak kita di sekolah bukan hanya belajar akademis. Tetapi mental dan pola pikir mereka akan kebersihan dan keindahan perlu. Itu mereka lihat dari sekolah. Dana BOS coba sisihkan untuk perbaikan fasitas sekolah. Karena sejak Covid tentu minim operasional sekolah, sehingga ada dana yang bisa digunakan,” tegas Wali Kota.

Mengakhiri sidak, Wali Kota berpesan agar para Pimpinan OPD mari bersama-sama serius bergandeng tangan membangun Kota Sibolga. Serta menyampaikan agar tidak membuat acara seremonial dibawah jam 10.00 Wib pagi. Karena jam 10.00 Wib pagi ke bawah, Wali Kota setiap hari berkantor di lapangan meninjau langsung keadaan dan permasalahan masyarakat.

Sumber : Website Pemko Sibolga

  • Bagikan