Merias Jasad? Yuk Kepoin..

  • Bagikan

Kearifan Lokal Suku Toraja Dan Tradisi Unik nya, Yuk Kepoin

Suku Toraja adalah salah satu suku yang ada di Sulawesi Selatan, Indonesia dari keberanekaragaman suku yang ada di nusantara ini Toraja merupakan salah satu suku yang kaya akan tradisi kearifan lokal suku toraja. Warisan budaya yang masih tetap terjaga hingga kini seperti merias jasad yang telah lama dikubur disebut Ma’Nene.

Ragam Kearifan Lokal Suku Toraja

Mengutip laman wikipedia, Suku Toraja adalah suku yang menetap di pugunungan bagian utara Sulawesi Selatan, seperti daerah Kab. Tanah TOraja, Toraja Utara dan Mamasa.

Warisan Budaya Suku Toraja

Berikut ini 5 tradisi unik warisan budaya yang terkenal dari suku Toraja Sulawesi Selatan, Indonesia.

Ma’Nene
Suku Toraja memiliki tradisi yang disebut Ma’Nene yakni tradisi mengganti pakaian jasad yang telah lama dikuburkan dan merias, biasanya dilaksanakan tiap 3 tahun sekali setelah panen raya di bulan agustus.

tradisi unik manene dari toraja sulsel indonesia
manene tradisi merias jasad dari toraja

Tradisi unik ini dilakukan oleh keluarga nya sendiri seperti anak cucu dengan cara mengeluarkan jasad dari dalam peti, biyaya yang dikeluarkan dalam tradisini cukup besar karena merupakan Upacara Besar.

Rambu Solo
salah satu tradisi Ritual yang dilakukan berupa pertunjukan seni, adu kerbau, hingga mengantarkan jenazah kepemakaman merupakan tradisi dari Toraja yang disebut Rambu Solo.

Tradisi rambu solo budaya kearifan lokal toraja

Ma’Tinggoro Tedong
Semacam ritual juga, mempertontonkan prosesi penyembelihan kerbau yang dilakukan dengan cara menebas leher kerbau dengan satu kali tebas, jadi menurut kepercayaan leluhur orang Toraja disebut Aluk Todolo doama kerbau ini merupakan hewan tungangan bagi arwa menuju akhirat, tradisi sembelih sekali tebas ini disebut Ma’tinggoro Tedong.

matinggoro tedong tradisi toraja sembelih kerbau sekali tebas

Silaga Tedong

silaga tedong tradisi toraja adukerbau 

Masih berkaitan dengan Rambu Solo, jadi adu kerbau merupakan rangkaian acara dalam Rambu Solo gaes. Agar keluarga yang sedang berduka terhibur dan pertunjukan bagi pelayat yang datang.

Sisemba
Dilakukan di lapangan terbuka outdor merupakan permainan adu kaki saat panen raya. Biasanya dilakukan oleh dua desa atau kubu yang bersebelahan. Masing masing kubu beranggotakan dua orang berpegangan tangan dan maju keraha lawan.

Tradisi Sisemba adu kaki masyarakat Toraja

Itulah tadi Ragam Kearifan Lokal Suku Toraja yang perlu kita ketahui, tentunya masi banyak lagi Kearifan Lokal yang ada di Suko Toraja. Indonesia mempunyai begitu banyak Kearifan Lokal yang harus kita pelajari. Nantikan terus kearifan lokal di daerah lain hanya di Britahu.info.

Sumber : Kampret News

  • Bagikan