Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 Sudah di Buka. Simak Informasi Berikut

  • Bagikan

Britahu.info — Dalam hitungan hari pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 akan dibuka. Sejak diumumkan jadwal dan tata pelaksanaan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi  (LTMPT) di website resmi, para peserta sudah berancang-ancang memilih jurusan dan pilihan kampus impiannya.

Meskipun UTBK kali ini masih dilakukan dalam suasana pandemi, tapi kamu jangan sampai patah semangat, ya! Kamu harus optimis dan percaya diri untuk lulus seleksi masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri). Tidak ada yang perlu kamu khawatirkan karena ujian masih tetap dilakukan dengan protokol kesehatan.

Hal yang terpenting saat ini adalah mempersiapkan diri untuk belajar dengan baik supaya kamu dapat mengerjakan soal UTBK-SBMPTN 2021. Tahun ini tentunya ada ketentuan dan peraturan baru, nih. Nah, untuk kamu para pejuang UTBK-SBMPTN 2021, simak informasi berikut ini!

1.Tahapan pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021

Sebelum mendaftar SBMPTN 2021, kamu perlu melakukan registrasi akun LTMPT terlebih dahulu yang sudah dibuka pada tanggal 7 Februari hingga 12 Maret 2021. Tahun ini, UTBK akan diselenggarakan di 74 pusat PTN yang telah terdaftar dan tersebar di seluruh Indonesia dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Untuk kamu yang sudah dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN, secara otomatis pendaftaranmu di UTBK-SBMPTN 2021 akan ditolak. Pendaftaran akan dilakukan melalui laman situs LTMPT, simak dengan saksama persyaratan dan ikuti alur pendaftarannya, ya!

2.Materi UTBK-SBMPTN 2021

Jika di tahun 2020 materi yang diujikan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS)  di tahun 2021 materi yang diujikan berupa Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Soal TPS masih tetap dalam Bahasa Inggris, akan tetapi tidak ada Matematika dan Soshum. Jadi, kamu perlu mempersiapkan dari sekarang, nih!

3.Jadwal dan alokasi waktu

Pada pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021, alokasi waktu pengerjaan soal Saintek dan Soshum ditambah menjadi 195 menit. Selanjutnya, untuk kelompok campuran ditambah menjadi 285 menit. Adapun jadwal pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2021 dibagi menjadi 2 gelombang sebagai berikut:

Gelombang I: 12 April – 18 April 2021

Gelombang II: 26 April – 02 Mei 2021

Dengan penambahan waktu tersebut, peserta diharapkan dapat memaksimalkan pengerjaan soal dan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.

4.Pilihan jenjang studi

Jika di tahun sebelumnya hanya ada 8 politeknik yang ikut serta dalam SBMPTN 2020, maka di tahun ini ada penambahan menjadi 39 politeknik negeri yang ikut serta dalam SBMPTN 2021. Peserta dapat memilih 2 prodi dalam 1 PTN/politeknik atau 2 prodi dalam 2 PTN/politeknik. Khusus politeknik hanya ada jenjang studi D4 atau S1 Terapan, ya. Wah, semakin banyak peluang yang bisa kamu dapatkan, nih!

5.Nilai ujian UTBK-SBMPTN 2021

Untuk yang satu ini, kabar baik untuk kamu yang ingin masuk sekolah kedinasan STAN (Sekolah Tinggi Akutansi Negara). Tahun ini, nilai ujian UTBK-SBMPTN 2021 nggak hanya bisa dipakai untuk seleksi ujian mandiri PTN/PTS saja, lho! Menariknya, nilai ujian tahun ini dapat dipakai untuk seleksi masuk kedinasan STAN. Nilai ujian yang dipakai adalah hasil dari nilai TPS dan TKA Soshum. Jadi, untuk kamu yang tertarik ingin daftar di STAN, kamu bisa mengambil pilihan kelompok ujian Soshum, ya.

Nah, itu dia informasi menarik seputar UTBK-SBMPTN 2021 yang wajib kamu ketahui. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa melihat pengumuman resmi di website ltmpt.ac.id. Yuk, persiapkan dirimu hadapi UTBK-SBMPTN 2021 dengan tryout di ruanguji oleh Ruangguru.

Ada banyak soal dan video pembahasan mengenai soal-soal UTBK yang akurat. Bukan hanya mendapatkan nilai saja, tapi hasil tryout di ruanguji juga dilengkapi dengan urutan persentil peserta untuk setiap subseksi tryout dan rasionalisasi untuk setiap kampus pilihan! Yuk, daftar sekarang juga. Jangan lupa berdoa dan jaga kesehatan, ya!

Source : Kontan.co.id

  • Bagikan