oleh

Speaker Jebol? Berikut Cara Memperbaiki Speaker Jebol

Britahu.info — Kebanyakan orang tidak mengetahui seberapa besar batas maksimal kekuatan speaker. Inilah yang sering mengakibatkan speaker itu jebol. Bagaimana tidak, yang sering di lakukan hanya asal suaranya keras dan bisa terdengar dari jauh maka mereka baru puas. Kalau sudah begitu, yang sering terjadi adalah speaker akan rusak/jebol. Jebolnya speaker sebagian besar diakibatkan karena tidak mampunya speaker untuk menampung tingginya daya/tegangan output dari power. Maka dari itu sesuaikan dulu kekuatan speaker (watt) dan berapa besar tegangan powernya. Namun jika speaker memang sudah terlanjur jebol, mau tidak mau anda harus mengganti dengan yang baru. Sekarang ini komponen elektronik harganya terus update terutama untuk speaker 12” saja bisa lebih dari 200 ribuan. 

Tapi tunggu dulu…! Masih ada solusi lain bagaimana Cara Memperbaiki Speaker Jebol sebelum anda membeli speaker baru yaitu dengan memperbaikinya sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa yang rusak pada speaker adalah terputusnya kawat imail/lilitan pada spoel. 
Lalu caranya bagaimana…? Simak baik-baik langkahnya berikut ini:
Sebalumnya speaker yang saya gunakan sebagai contoh ini adalah speaker jenis Full Range, Pertama bongkar perlahan-lahan semua bagian speaker yang jebol tadi agar masih bisa di gunakan lagi nantinya, nah… disitu akan ada beberapa bagian, lihat gambar di bawah ini:

Yang perlu anda perhatikan adalah bagian lilitan spoel-nya, periksa dengan menggunakan avometer (10k/ohm) atau lihat secara fisik apakah lilitan yang terputus bisa terlihat. Jika lilitan yang putus terlihat ada dibagian luar/lilitan kedua, spoel masih bisa di perbaiki dengan cara menyambungnya dengan kawat imail lain. Namun apabila kurang rapat, bisa-bisa nanti jebol lagi. Kalau anda ingin proses perbaikannya cepat, langsung saja beli spoel baru dengan ukuran dan kualitas yang sama.
Cara memasang spoel speaker
1.Sebelumnya siapkan dulu lem/perekat untuk merekatkan semua bagian-bagian speaker nantinya dan kabel elastis khusus. 2.Rekatkan spoel dan kain dumpernya, lihat gambar  berikut ini:

3. Masukkan spoel dan dumpernya pada lubang spoell di rangka, lalu rekatkan dumpernya dan jangan sampai miring. Karena jika miring, akan menyebabkan spoel akan bergesekan dengan dinding lubang spoel. Akibatnya spoel akan tergores dan tidak akan bertahan lama dan akhirnya jebol lagi.

4.Pasang daun speaker pada spoel, dan pastikan agar kedua lubang kecil yang ada di daun speaker letaknya tepat di mana  kedua kabel spoel berada yaitu negative (-) dan positif (+).

5. Solder kedua kawat imail dari spoel  yaitu (-) dan (+) ke kabel elastic yang menuju ke terminal speaker. Kabel elastis berfungsi sebagai penghubung kabel dari spoel ke terminal dan usahakan ukurannya jangan terlalu pendek. Karena jika terlalu pendek kabel akan terputus saat suara speaker di keraskan.
Keterangan: Untuk proses perekatan bagian-bagian speaker, usahakan tunggu sampai kering dulu baru lakukan perekatan bagian lainnya.
Sekian tips dari sata tentang Cara Memperbaiki Speaker Jebol, semoga tutorial tadi bermanfaat untuk anda.

Sumber : hiperelektro.blogspot.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed